Ciri Kondisi Janin Yang Sehat Pada Ibu Hamil

kondisi janin
Pada umumnya setiap wanita akan selalu melakukan pemeriksaan kandungan pada masa-masa kehamilan. Berbagai jenis pemeriksaan akan dilakukan, salah satunya Ultrasonografi atau yang sering disebut dengan USG. Dan tidak lupa pendampingan dari tenaga profesional seperti bidan di Bandung hadir untuk membantu segala permasalahan kehamilan bunda. Hal tersebut bertujuan untuk melihat janin apakah sehat dan berkembang dengan baik di dalam rahim. Selain pemeriksaan melalui USG bunda juga dapat melakukan pemeriksaan pribadi untuk mengetahui kondisi janin yang sehat sebagai berikut.

Kenaikan berat badan.

Ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan pada setiap usia kehamilan. Semakin lama usia kehamilan maka berat badan ibu hamil juga akan semakin naik. Secara umum, bunda akan mengalami kenaikan berat badan 9-12 kg pada masa kehamilan.
kondisi janin
Kadar Hormon

Pada masa kehamilan tubuh bunda akan mengalami perubahan hormon. Kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh bunda memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi kesehatan janin. Pada umumnya, ibu hamil harus menghasilkan sekitar 400 mg progesteron. Sedangkan untuk pertumbuhan Rahim, agar bisa menopang bayi yang sehat, dibutuhkan sekitar 1.200 gram estrogen. 

Detak jantung yang sehat

Pada usia kehamilan dua bulan detak jantung bayi akan mulai terdengar. Bayi yang sehat memiliki detak jantung berkisar antara 110 dan 160 denyut per menit. Pemantauan detak jantung janin ini dapat dilakukan di mana saja pada trimester terakhir kehamilan.

Gerakkan Bayi yang mulai terasa

Memasuki usia kehamilan tertentu, bayi akan mulai aktif bergerak di dalam rahim. Bunda akan mulai merasakan tendangan di perut yang dilakukan oleh calon buah hati. Bayi yang tumbuh sehat akan bergerak secara teratur untuk berkomunikasi dengan sang ibunda.

Pertumbuhan janin yang stabil setiap bulan

Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan secara rutin 3 minggu sekali untuk menjaga kondisi kesehatan janin. Aktivitas ini akan lebih sering dilakukan pada saat bunda sudah mendekati waktu persalinan. Janin yang sehat biasanya akan mengalami kenaikan dalam ukuran tubuhnya dengan stabil yang terjadi selama 9 bulan masa kehamilan.

Pergerakkan janin di dalam rahim

Bayi yang sehat akan bergerak menurun pada usia kehamilan 9 bulan. Pergerakan tersebut menandakan bahwa ibu hamil siap menjalani proses persalinan.

Demikian beberapa ciri janin yang sehat pada ibu hamil. Dan apabila bunda masih ada pertanyaan seputar wanita khususnya kehamilan, bunda dapat berkonsultasi dengan bidan di Bandung cukup dengan mengunjungi website resminya.

You Might Also Like

0 komentar