Menyajikan Makanan Sehat dan Bergizi dengan Mudah

Makanan Sehat dan Bergizi

Menyiapkan makanan buat anak bukan perkara yang mudah bagi hampir semua ibu di dunia ini. Pasalnya, kemauan si kecil dengan kebutuhan gizi yang harus terpenuhi terkadang saling bertolak belakang. Itu sebabnya, bunda harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu makanan termasuk bekal mereka ke sekolah. Yup, untuk yang satu ini memang membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi terutama dalam hal penyajian. Tidak hanya itu, memastikan bunda menyiapkan makanan sehat dan bergizi merupakan tantangan tersendiri.

Lantas, hal apa saja yang harus dilakukan?

makanan sehat dan bergizi
source: https://img.kurio.network/6oGRt8yrFv9IDNKhl_5bZCxyRzs=/700x350/filters:quality(80):format(jpeg)/https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/01/e7595ba0-5c0d-4501-bebe-bd7396219a39.jpg

Sebagai langkah pertama, bunda bisa menyusun menu untuk seminggu lengkap dengan karbohidrat, protein hingga vitamin dan mineral. Atur pola sedemikian rupa guna menghindarkan anak bosan dengan bekal yang akan dibawa. Misalnya saja hari Senin nasi goring maka besoknya bunda bisa menggantinya dengan kentang atau pasta.

Kemudian, selanjutnya adalah membuat sajian yang menarik. Di pasaran cukup banyak alat yang dijual untuk membentuk bekal makanan menjadi lebih unik dan cantik. Entah itu bentuk hewan atau pun bintang dimana bunda bisa berkreasi sekreatif mungkin menciptakan model bekal yang berbeda pastinya.

Jangan memaksakan porsi dalam jumlah besar karena bisa bisa si kecil sudah merasa ‘enggan’ duluan untuk menyantap nya. Lebih baik disajikan dalam porsi kecil namun gizi dan nutrisinya terpenuhi secara keseluruhan. Jangan lupa, buat semuanya serba mini karena bagi anak kecil itu indah.

Terakhir, memilih kotak makan bunda harus tepat agar kesegaran makanan bisa terjaga. Carilah kotak makan yang kedap karena biasanya lauk berupa kuah tidak akan tumpah. Atau, bunda bisa pilih kotak makan yang memiliki sekat agar tidak tercampur dengan menu makanan lainnya. Karena hal ini bisa berisiko pada makanan yang mudah basi.

Memang, menyiapkan makanan sehat dan bergizi tidak terlepas dari pengetahuan bunda akan jenis bahan makanan yang ada. Meski demikian, bunda tak perlu khawatir karena sekarang ini cukup banyak referensi yang bisa dijadikan sebagai panduan. Salah satunya adalah Sahabat Nestle yang menyajikan beragam informasi menarik seputar pola asuh, resep makanan lezat serta permainan dan sejenisnya. Bunda bisa mengunjungi situs resmi mereka dan dapatkan tips maupun pedoman lainnya.



You Might Also Like

0 komentar